Rabu, 23 Februari 2011

Manusia dan Cinta Kasih

Manusia dan Cinta Kasih

Cinta adalah (rasa) sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada) ataupun (rasa) sangat tertarik (kepada). Sedangkan kasih artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau menaruh belas kasihan.

Sebagai manusia, kita sangatlah memerlukan yang namanya cinta kasih dalam menjalani hidup, baik cinta saja, kasih saja, ataupun keduanya. Tidak terbayangkan jika setiap manusia atau individu tidak memiliki cinta kasih dalam menjalani kehidupan yang keras ini. Mungkin akan berlaku hukum rimba dimana yang kuat yang berkuasa dan antarsesama akan saling menjatuhkan dengan sangat sadis(saling memangsa).

Dalam kehidupan ini terdapat dua arah dalam cinta kasih. Cinta kasih secara vertikal dan horisontal. Secara vertikal hanya satu cinta kasih, yakni cinta kasih kepada Pencipta (Tuhan) kita, dan secara horisontal, terdapat cinta kasih kepada dirisendiri dan orang lain (sesama makhluk hidup.

Lukas  10
10:27 Jawab orang itu: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

Cinta terbesar kita haruslah dituju kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena Dia-lah yang maha memahami diri kita. Tanpa kita sadari Dia-lah yang paling perduli terhadap diri kita. Hanya Tuhan-lah yang dapat membantu kita dalam segala persoalan yang kita hadapi. Tanpa kita sadari Dia-lah yang paling mengetahui isi hati kita, Tuhan tau apa yang terbaik dalam hidup kita.

Sering kali kita memikirkan apa yang terbaik dalam hidup kita. Namun, sesungguhnya apa yang kita pikirkan terbaik untuk kita, belum tentu baik bagiNya, Tuhan punya rencana yang lebih terbaik dibandingkan rencana yang kita pikirkan. Tuhan punya segalanya yang kita inginkan. Maka dari itu tidak perlu mengeluh ‘ahh.. Tuhan tidak adil.. Tuhan tidak perduli kepada saya...!’ atau keluran lain yang tidak menyenangkan hati Tuhan. Harusnya kita sadar, Tuhan punya jalan lain agar kita hidup lebih berkenan dimataNya.  Tuhan jauh lebih perduli dan perhatian dibandingkan pacar dan bahkan dibandingkan orang tua kita. Setiap hela nafas yang kita keluarkan Dia tau, setiap helai rambut kita yang rontok pun Dia tau. Hal sekecil ini saja Tuhan perduli, apalagi perkara terbesar dalam hidup kita. Bagi saya, Tuhan Yesus Kristus menempati posisi teratas dalam hati dan kehidupan saya.

Cinta kasih secara horisontal merupakan cinta kasih terhadap makhluk hidup. Dalam kehidupan saya pribadi cinta kasih secara horisontal terurut dari cintakasih kepada dirisendiri dan keluarga, sahabat, teman, makhluk hidup lain (alam, hewan dan tumbuhan). Saya lebih mengasihi diri sendiri dan keluarga dibanding sahabat begitupun seterusnya.

Saya memandang perbedaan yang tegas antara cinta kasih kepada sahabat dan kepada teman. Pastinya saya lebih mengasihi sahabat saya di bandingkan teman saya. Sahabat adalah seseorang atau lebih yang dekat dan akrab dengan saya, memiliki pemikiran yang nyambung dan sejalan dengan saya dan suah saling kenal lebih dalam, dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan teman adalah orang yang baru kenal dan belum tentu apa yang dibicarakannya sejalan dengan apa yang saya bicarakan serta belum mengenal secara lebih dalam. Hanya sekedar kenal saja.  Cinta kasih terhadap alam baik hewan atupun tumbuhan menempati peringkat terbawah dalam pemikiran saya. Itulah susunan cinta kasih dalam kehidupan saya pribadi, dan yang paling saya kasihi adalah Tuhan saya YESUS KRISTUS karena hanya Dialah yang paling mengetahui seluruh isi hati saya.
Gbu all :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar